Entri yang Diunggulkan

Mencetak Generasi Muda Anti Korupsi Melalui Pendidikan Moral di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)

Mencetak Generasi Muda Anti Korupsi Melalui Pendidikan Moral di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)           Indonesia merupakan negar...

Monday, November 20, 2017

PEMUDA DESA UNTUK INDONESIA


Banyuwangi, 21 November 2017
Salam Literasi !!!
Halo, para pembaca disini saya akan membagikan artikel esai saya tentang PEMUDA DESA UNTUK INDONESIA. Semoga dapat bermanfaat bagi para pembaca.


PEMUDA DESA UNTUK INDONESIA
Oleh : Royan Adi Ikhsan

            Indonesia merupakan negara kepulauan terbesar di dunia. Di dalamnya terkandung berbagai suku, budaya, bahasa yang pastinya berbeda-beda. Selain itu, Indonesia juga terdiri dari desa yang sangat banyak. Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah desa/kelurahan di Indonesia dalam Peraturan Kelapa BPS Nomor 66 Tahun 2016 yaitu 82.038, yang tersebar dari sabang sampai merauke. Hal ini sudah dapat di pastikan sangat beragam pula potensi dan permasalahan yang terdapat dalam desa di Indonesia.
            Namun, ada satu hal yang menjadi potensi besar dan menjadi kunci berkelanjutan di setiap desa yaitu pemuda desa. Pemuda sering dinilai mempunyai semangat yang tinggi, pemikiran inovatif, tenaga yang besar, kreatif bergerak dan membangun. Data BPS juga menyebutkan bahwa jumlah pemuda Indonesia di proyeksikan dalam angka 624 Juta jiwa. Hal tersebut berarti jumlah emuda sangat potensial untuk menjadi elemen penting dalam pembangunan Indonesia. Pemuda juga di identikan dengan kekinian, sehingga pemudalah yang paling dekat dengan kemajuan teknologi modernisasi, dan perkembangan ilmu teknologi. Keadaan ini menjadi peluang besar bagi desa untukmemanfaatkan potensi pemuda dalam pembangunan desa. Keaadaan diatas diperkuat karena potensi pemuda selalu dan pasti ada di setiap desa, sehingga mereka menjadi potensi lokal yang memahami kondisi lokal.
            Beberapa hal-hal yang harus dilaksanakan untuk menciptakan pemuda desa yang unggul adalah sebagai berikut :
a.       Takwa terhadap Tuhan Yang Maha Esa. Pemuda yang religius akan berfikir-fikir terlebih dahulu sebelum melakukan hal-hal yang menyimpang. Dengan begitu akan tumbuh jiwa pemuda yang selalu berfikir positif.
b.      Menanamkan sifat jujur dan amanah dalam jiwa pemuda Indonesia. Sifat jujur dan amanah itu seperti halnya mata uang yang berharga dimana-mana. Mulai sejak dini keluarga di harapkan harus selalu mengutamakan sifat jujur dalam diri anak, agar anak bisa berkompetitif dengan jujur. Pemuda juga harus menerapkan sifat jujur dan amanah dalam kehidupan sehari-hari.
c.       Pemuda harus kreatif, inovatif, serta kompetitif. Karena kreativitas bermanfaat untuk membantu kita dalam memecahkan masalah secara lebih efisien dan efektif, membuat kita mampu menghasilkan produk yang inovatif sesuai dengan perkembangan jaman, serta membuat hidup menjadi lebih bergairah dan tidak membosankan. Sehingga dapat mengembangkan potensi desa dengan ide-ide yang kreatif.
d.      Mengisi waktu luang dengan melakukan hal-hal yang bermanfaat. Seperti membuat sesuatu karya yang dapat bermanfaat bagi diri sendiri juga dapat bermanfaat untuk orang lain.
e.       Menumbuhkan semangat nasionalisme. Pengaruh globalisasi terhadap pemuda juga begitu kuat. Pengaruh globalisasi tersebut telah membuat banyak pemuda kehilangan kepribadian diri sebagai bangsa Indonesia. Hal ini ditunjukkan dengan gejala- gejala yang muncul dalam kehidupan sehari- hari pemuda sekarang. Namun, dengan tetap memiliki semangat nasionalisme dalamdiri pemuda yang diharapkan pemuda Indonesia tidak terpengaruh terhadap dampak negatif globalisasi.
f.       Memanfaatkan ilmu pengetahuan dan teknologi dengan sebaik dan semaksimal mungkin. Pemuda desa harus bisa menggunakan ilmu teknologi agar Indonesia lebih menjadi negara yang maju dan dan dapadat bersaing dengan negara-negara lain.
Pelaksanaan hal-hal diatas tidak lepas dari bimbingan berbagai pihak, antara lain : pihak keluarga, pihak sekolah, dan pemerintah. Sehingga dengan memiliki pemuda yang unggul di setiap desanya diharapkan potensi desa akan bisa lebih dirasakan oleh masyarakat Indonesia. Pemerintah juga harus mendukung dan memfasilitasi pemuda desa dalam mengimplementasikan gagasan-gagasannya terhadap potensi yang dimiliki oleh desa mereka. Pemuda desa akan bisa membawa bangsa Indonesia lebih baik.

1 comment: