PESATNYA DUNIA PEMASARAN MELALUI INTERNET DI INDONESIA
Royan Adi Ikhsan
Pos-el : royanikhsan@gmail.com
Indonesia merupakan salah satu negara yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pemasaran yang memanfaatkan kemajuan dan perkembangan teknologi yaitu internet. Dalam perkembangan bisnis dewasa ini membuat persaingan bisnis menjadi ketat. Konsumen semakin selektif dalam memilih informasi pemasaran yang tersedia. Pelaku usaha pun juga mulai memikirkan bagaimana cara menarik calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
Perusahaan
tidak hanya melakukan pengembangan strategi pemasaran, melainkan juga
pengembangan suatu program komunikasi yang efektif dengan para pelanggan lewat
promosi. Promosi diharapkan bisa membawa perusahaan lebih mudah dalam
mengenalkan produk atau jasa yang dimilikinya kepada konsumen .
Menurut
Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa
jumlah pengguna internetdi Indonesia pada tahun 2013 mencapai 71,19 juta,
meningkat 13 persen dibanding tahun 2012 yang mencapai sekitar 63 juta pengguna. Dengan perkembangan internet yang tinggi,
tentunya penggunaan media internet untuk kebutuhan promosi lewat periklanan
juga meningkat. Salah satunya yang digunakan untuk periklanan saat ini lewat
internet adalah media sosial. Berbagai bentuk periklanan di media sosial tentu
beragam, baik yang sederhana sampai dengan visual yang menarik.
Alasan
untuk menggunakan internet marketing (https://www.dumetschool.com/kursus-digital-marketing) dalam pemasaran produk di Indonesia yaitu
akses yang mudah, peluang pasar lebih luas, biaya murah, bisa meningkatkan
branding produk, terlihat lebih profesional, dan mendapatkan penjualan lebih
baik.
Selain
itu, dunia marketing hampir mendominasi pasaran segala produk yang hadir di
tengah masyarakat. Sebenarnya alasan utama internet marketing sangat cepat
berkembang adalah manfaatnya yang bisa menjangkau pasar di daerah lain tanpa harus
terjun langsung ke daerah tersebut. Satu hal yang harus diketahui bahwa
pemasaran produk menggunakan internet marketing dapat memberikan nilai tambah
bagi para pembisnis untuk menghadapi persaingan dengan bisnis lain.
Nilai
pasar periklanan online di Indonesia pada tahun 2012 lalu mencapai Rp. 1,6
triliun, dan diproyeksikan akan meningkat dengan pesat pada 2016 menjadi Rp.
13,3 triliun rupiah berdasarkan riset e-Marketer. Hal tersebut telah
membuktikan bahwa internet marketing yang ada di Indonesia telah berkembang
secara pesat.
No comments:
Post a Comment