Entri yang Diunggulkan

Mencetak Generasi Muda Anti Korupsi Melalui Pendidikan Moral di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)

Mencetak Generasi Muda Anti Korupsi Melalui Pendidikan Moral di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)           Indonesia merupakan negar...

Friday, November 24, 2017

PESATNYA DUNIA PEMASARAN MELALUI INTERNET DI INDONESIA




              PESATNYA DUNIA PEMASARAN MELALUI INTERNET DI INDONESIA
                                                              Royan Adi Ikhsan
                                                 Pos-el : royanikhsan@gmail.com

           Indonesia merupakan salah satu negara yang memanfaatkan perkembangan teknologi dengan baik. Hal tersebut dibuktikan dengan banyaknya pemasaran yang memanfaatkan kemajuan dan perkembangan teknologi yaitu internet. Dalam perkembangan bisnis dewasa ini membuat persaingan bisnis menjadi ketat. Konsumen semakin selektif dalam memilih informasi pemasaran yang tersedia. Pelaku usaha pun juga mulai memikirkan bagaimana cara menarik calon konsumen untuk membeli produk atau jasa yang dihasilkan oleh suatu perusahaan.
Perusahaan tidak hanya melakukan pengembangan strategi pemasaran, melainkan juga pengembangan suatu program komunikasi yang efektif dengan para pelanggan lewat promosi. Promosi diharapkan bisa membawa perusahaan lebih mudah dalam mengenalkan produk atau jasa yang dimilikinya kepada konsumen .
Menurut Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) mengungkapkan bahwa jumlah pengguna internetdi Indonesia pada tahun 2013 mencapai 71,19 juta, meningkat 13 persen dibanding tahun 2012 yang mencapai  sekitar 63 juta pengguna.  Dengan perkembangan internet yang tinggi, tentunya penggunaan media internet untuk kebutuhan promosi lewat periklanan juga meningkat. Salah satunya yang digunakan untuk periklanan saat ini lewat internet adalah media sosial. Berbagai bentuk periklanan di media sosial tentu beragam, baik yang sederhana sampai dengan visual yang menarik.
Alasan untuk menggunakan internet marketing (https://www.dumetschool.com/kursus-digital-marketing) dalam pemasaran produk di Indonesia yaitu akses yang mudah, peluang pasar lebih luas, biaya murah, bisa meningkatkan branding produk, terlihat lebih profesional, dan mendapatkan penjualan lebih baik.
Selain itu, dunia marketing hampir mendominasi pasaran segala produk yang hadir di tengah masyarakat. Sebenarnya alasan utama internet marketing sangat cepat berkembang adalah manfaatnya yang bisa menjangkau pasar di daerah lain tanpa harus terjun langsung ke daerah tersebut. Satu hal yang harus diketahui bahwa pemasaran produk menggunakan internet marketing dapat memberikan nilai tambah bagi para pembisnis untuk menghadapi persaingan dengan bisnis lain.
Nilai pasar periklanan online di Indonesia pada tahun 2012 lalu mencapai Rp. 1,6 triliun, dan diproyeksikan akan meningkat dengan pesat pada 2016 menjadi Rp. 13,3 triliun rupiah berdasarkan riset e-Marketer. Hal tersebut telah membuktikan bahwa internet marketing yang ada di Indonesia telah berkembang secara pesat.

No comments:

Post a Comment