PENGARUH INTERNET TERHADAP
PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS VIIIC
SMPN 1 CLURING
Oleh:
1.
Agustin
Madyaning R (13941/8F)
2.
Hendra
Kuswantoro (14044/8E)
3.
Royan
Adi Ikhsan (14146/8C)
4.
Tantri
Sania (14163/8F)
SMPN
1 CLURING
JALAN JENDRAL BASUKI RAHMAT
NO. 56 CLURING BANYUWANGI
2014
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami
panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmad dan hidayahnya kepada
kami sehingga kami dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini dengan judul “Bagaimana
pengaruh wisatawan terhadap keberadaan Candi Perambanan”.
Penelitian Karya Tulis Ilmiah ini
tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu,
kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah
mendukung terciptanya Karya Tulis llmiah ini.
Sebagai manusia biasa, kami telah
berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini. Apabila
ada kesalahan dalam penulisan kata-kata kami mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Kami berharap Karya Tulis Ilmiah ini bisa memberikan manfaat kepada para
pembaca.
Cluring,
7 Desember 2
014
Tim Peneliti
DAFTAR ISI
Halaman Judul.................................................................................................... i
Kata Pengantar.................................................................................................... ii
Daftar Isi............................................................................................................. iii
BAB I. PENDAHULUAN .............................................................................. 1
1.1
Latar Belakang .................................................................................. 1
1.2
Rumusan Masalah .............................................................................. 1
1.3
Tujuan Penelitian................................................................................ 1
1.4
Manfaat Penelitian ............................................................................. 2
BAB II. TELAAH PUSTAKA........................................................................ 3
BAB III. METODE PENELITIAN................................................................ 5
3.1
Rencana Penelitian............................................................................. 5
3.2
Populasi.............................................................................................. 5
3.3
Instrumen............................................................................................ 5
3.4
Alasan Penggunaan Instrumen........................................................... 5
3.5
Pengolahan Data................................................................................. 5
BAB IV. HASIL PENELITIAN..................................................................... 6
4.1
Deskripsi Data.................................................................................... 6
4.2
Analisis Data...................................................................................... 8
BAB V. PENUTUP.......................................................................................... 9
5.1
Kesimpulan......................................................................................... 9
5.2
Saran................................................................................................... 10
DAFTAR PUSTAKA
BAB 1
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini internet berperan sangat
penting pada era globalisasi. Internet bagaikan perpustakaan dunia yang bisa
kita akses dengan mudah. Dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa bisa
mengakses internet. Didalam internet terdapat berbagai informasi yang dapat
kita ketahui. Sehingga menjadikan siswa pintar.
Kenyataanya, siswa menggunakan internet untuk hal-hal
yang tidak berguna pada pelajaran contohnya : facebookan, twitteran, dan
bermain game online sehingga menyebabkan siswa selalu tergantung pada internet.
Siswa juga tidak dapat membagi waktu luangnya dengan baik.
1.2
Rumusan Masalah
Menurut Budi Sutedjo, internet merupakan sebuah
jaringan computer yang sangat besar, dan terdiri dari jaringan-jaringan kecil
yang saling berhubungan yang menjangkau sampai seluruh dunia. Apa pengaruh
internet terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring
?
1.3
Tujuan
Di wilayah Banyuwangi ini setiap daerah di pasang
WI-FI oleh Bupati Banyuwangi. Oleh karena itu, kita dapat mengakses internet di
sekolah, transportasi umum, maupun warung-warung. Melalui Karya Tulis Ilmiah
ini kami ingin mengetahui, apa pengaruh internet terhadap peningkatan prestasi
siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring ?
1.4
Manfaat
Pada zaman yang maju ini engakses internet bisa
dilakukan dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Melalui Karya Tulis
Ilmiah ini kami berharap pada para siswa untu memahami internet
sangat berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa
kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring ?
BAB II
TELAAH PUSTAKA
Pendidikan
merupakan faktor utama dalam membentuk baik buruknya pribadi manusia secara
normatif. Pendidikan yang diperoleh siswa tidak hanya di sekolah akan tetapi
semua faktor bisa dijadikan sumber pendidikan. Terutama lingkungan yang
berperan atau berpengaruh tehadap keberhasilan prestasi siswa. Pendidikan juga
mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan sumber daya manusia
berkualitas yang mestinya akan berguna bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa,
dan negara (Budi Sutedjo).
Menurut, Budi
Sutedjo (http://eprints.uny.ac.id/8853/1/JURNAL%20
SKRIPSI.pdf) internet berasal dari kata
“International Network” yang merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat
besar yang terdiri dari
jaringan-jaringan kecil yang saling berhubungan yang menjangkau seluruh dunia. Internet adalah kependekan dari inter-network. Secara harfiah mengandung
pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa rangkaian. Sedangkan menurut, Andhika jaringan internet juga didefinisikan
sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia
sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar
belahan dunia secara instan dan global.Internet juga dapat diartikan sebagai
jaringan komputer yang luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan
pemakai komputer dari satu negara
kenegara lain di seluruh dunia di mana di dalamnya terdapat berbagai
sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif. Tidak dipungkiri adanya pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa. Ada pengaruh positif dan ada pengaruh negatif. Seperti dua sisi mata uang, tergantung bagaimana kita menyikapinya (2005).
kenegara lain di seluruh dunia di mana di dalamnya terdapat berbagai
sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif. Tidak dipungkiri adanya pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa. Ada pengaruh positif dan ada pengaruh negatif. Seperti dua sisi mata uang, tergantung bagaimana kita menyikapinya (2005).
Menurut W.J.S
Purwadarminto 1987 : 767 (dihttp://tita7ezer.blogspot.com/)
menyatakan bahwa prestasi belajar adalah
hasil yang dicapai sebaik-baiknya yang dikerjakan atau dilakukan. Menurut
Harjati ( 2008: 43 ), menyatakan bahwa prestasi merupakan hasil usaha yang
dilakukan dam menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam bentuk simbol untuk
menunjukkan kemampuan pencapaian dalam hasil kerja dalam waktu tertentu. Dari
pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belajar adalah hasil
dari suatu kegiatan seseorang atau kelompok yang telah dikerjakan, diciptakan
dan menyenagkan hati yang diperoleh dengan bekerja.
BAB III
METODE
PENELITIAN
3.1
Rencana
Penelitian
Waktu : 2
Maret - 16 April 2014
Tempat : Ruang kelas, Ruang BK, Rumah siswa
3.2
Populasi
Yang terlibat dalam penelitian ini hanya 3 siswa, 1 guru BK, 2 orang tua
siswa.
3.3
Instrumen
Instrumen yang kami gunakan untuk pengaruh internet terhadap prestasi
siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring kami menggunkan wawancara.
3.4
Alasan
Penggunaan Instrumen
Kami menggunakan instrumen ini menurut kami wawancara hanya
membutuhkan pendapat orang-orang sekitar, jadi cukup mudah menggunakan
wawancara.
3.5
Pengolahan Data
Data-data yang kami peroleh dari wawncara kami kelompokan, kami analisis
dan kami informasikan dari BAB IV.
BAB IV
HASIL
PENELITIAN
4.1
Deskripsi Data
Dari wawancara yang kami lakukan di kelas VIII C,
tanggal 2 April 2014
dengan Dinda Vieri Kurniawan kelas VIII C mengatakan bahwa pengaruh internet
terhadap prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring dapat meningkatkan
prestasinya tergantung kepada penggunanya. Dia juga mengatakan manfaat internet dapat memberi wawasan baru, mencari informasi
lebih cepat,dan saat mengerjakan tugas lebih cepat. Namun juga banyak siswa SMP
Negeri 1 Cluring yang menyalahgunakan internet dengan cara bermain game,
melihat film, dan membrosing di youtube. Dia juga mengatakan bahwa siswa agar
tidak terjerumus ke dampak internet siswa harus mengendalikan hawa nafsu dengan
hal-hal yang diinginkan saat membrosing internet.
Dari wawancara yang kami lakukan di kelas VIII F, tanggal
16 April 2014 dengan Falenti kelas VIII F SMP Negeri 1 Cluring,
mengatakan bahwa pengaruh internet terhadap prestasi siswa kelas VIII C SMP
Negeri 1 Cluring dapat meningkatkan prestasinya kalau internet tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Dia juga
mengatakan bahwa internet mempunyai manfaat yang sangat banyak. Tetapi juga
mempunyai banyak dampak negatif yang dapat merugikan siswa tersebut.
Hal itu dapat dilakukan antara lain menggunakan internet
dengan sebaik mungkin, pengawasan orang tua, tidak terpengaruh pada dampak
negatifnya.
Dari wawancara yang kami lakukan di kelas VIII C,
pada tanggal 25 April 2014 dengan Viko Efrian Julian Tino kelas VIII C SMP
Negeri 1 Cluring mengatakan bahwa pengaruh internet terhadap prestasi siswa
kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring dapat meningkatkan prestasi siswa itu
sendiri. Dia juga mengatakan bahwa internet mempunyai banyak manfaat antara
lain menambah pengetahuan , wawasan, dan daya pikir kita menjadi luas. Tetapi
juga terdapat dampak negatifnya yang didigunakkan siswa seperti melihat apa-apa
yang tidak boleh kita lihat, hal tersebut juga dapat dicegah dengan cara
mendapatkan ijin orang tua atau guru saat menggunakan internet.
Sedangkan pendapat dari orang tua sebgai berikut,Berdasarkan wawancara yang
kami lakukan di rumah, tanggal 2 April 2014 dengan Ibu Nanik Mujayanti sebagai
orang tua siswa mengatakan bahwa dengan
adanya internet maka siswa akan memperoleh banyak manfaat antara lain : bisa
menambah wawasan dan informasi,bisa memperdalam ilmu yang di dapat dari sekolah
dengan cara mencari referensi-referensi yang ada di internet. Beliau juga mengatakan
bahwa prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring dapat meningkat asalkan
mempergunakan internet dengan sebaik-baiknya dan juga mengisi waktu luangnya
dengan belajar.
Berdasarkan
wawancara yang kami lakukan di ruang BK, tanggal 14 mei 2014 dengan ibu
Pujiwati Dwi Utami sebagai guru BK mengatakan bahwa dengan adanya internet maka
siswa akan memperoleh manfaat misalnya : memudahkan mencari tugas yang ditugaskan oleh bapak/ibu guru
dan mengetahui perkembangan teknologi. Beliau juga mengatakan jika anak
tersebut tidak bisa memanfaatkan internet dengan baik, anak-anak tersebut akan
terjerumus ke hal-hal yang buruk dari internet dan internet jika digunakan
dengan sebaik-baiknya bisa juga prestasi siswa SMP Negeri 1 Cluring kelas VIII
C akan meningkat. Siswa agar tidak ke jerumus ke dampak negatifnya internet
agar diberi nasehat tentang dampak positif dan negatifnya internet.
Berdasarkan
wawancara yang kami lakukan di rumah, tanggal 2 April 2014 dengan Bapak Suroso sebagai
orang tua siswa mengatakan bahwa dengan
adanya internet siswa dapat dengan mudah mengakses berbagai ilmu pengetahuan
yang berkaitan dengan pelajaran. Dengan adanya internet siswa dapat
memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya. Orang tua juga sebaiknya perlu
mengerti internet supaya bisa mengawasi para siswa dalam membrosing di
internet.
4.2 Analisis Data
Berdasarkan data
yang kami kumpulkan siswa mengatakan bahwa internet mempunyai segudang manfaat. Juga mereka mengatakan bahwa
internet bisa membantu mereka saat mengerjakan tugasnya dengan baik dan cepat.
Namun ada dampak negatifnya seperti bermain game, facebookan, melihat film, dan
membrosing youtube. Seumpama tidak ada internet di
pastikan para siswa mengalami gagap teknologi. Internet bisa meningkatkan
prestasi siwa SMP Negeri 1 Cluring kelas VIII C asalkan para siswa menggunakan
internet dengan sebaik
mungkin dan membrosing internet sesuai dengan pelajaran.Orang tua juga
mengatakan hal-hal positif atau manfaat internet terhadap pestasi siswa.
BAB V
PENUTUP
5.1
Kesimpulan
Berdasarkan
data yang kami peroleh maka dapat ditarik kesimpulan :
1. Internet
yaitu sebagai sebuah jaringan computer yang saling menghubungkan dari seluruh
komputer-komputer yang ada didunia dimana jaringan tersebut terdapat
informasi-informasi penting yang bisa kita ambil.
2. Teknologi
internet pada masa sekarang ini ternyata sudah menjadi suatu kebutuhan, yaitu sebagai
media pencarian informasi-informasi yang sangat canggih, cepat, dan modern.
Internet sangat berpengaruh terhadap siswa karena dengan internet siswa dapat
mencari informasi dengan mudah dan cepat. Jadi siswa dapat menghemat waktunya.
3. Teknologi
yang super canggih yaitu internet, membawa dampak yang tidakbisa dibantah,
yaitu dampak positif dan dampak negative.
a. Dampak
positif
Para pelajar
bisa mendapatkan informasi-informasi yang diinginkan. Seperti ilmu pengetahuan,
materi pembelajaran yang dibutuhkan. Dan pelajar juga dapat memanfaatkan
teknologi ini untuk berinteraksi dengan teman, guru yang berada jauh dari kita.
b. Dampak
negative
Pelajar harus hati-hati
dalam memilih situs yang dikunjunginya. Ternyata selain membawa dampak positif
bagi kehidupan sehari-hari, internet jug membawa dampak negatif. Yang harus
diwaspadai oleh pelajar adalah situs yang menjebak seperti pornografi, selain
itu juga internet mampu membuat para pelajar untuk bermalas-malasan dan juga
mematikan kreativitas siswa.
5.1 Saran
Berdasarkan
kesimpulan tersebut ada beberapa saran untuk mengatasi dampak-dampakyang ada,
baik positif maupun negative.
1. Pelajar dalam menggunakan
internet sebaiknya, memanfaatkannya dngan sebaik-baiknya. Maksudnya digunakan
untuk kegiatan beljar saja kalaupun diperlukan bisa memanfaatkannya pula
fasilitas untuk beriteraksi dengan teman maupun guru, seperti e-mail.
2. Sebaiknya
orang tua bisa juga mmanfaatkan atau
mengerti tenteng internet supaya bisa mengawasi anak-anaknya dalam menjelajahi
internet.
3. Pihak
sekolah juga dapat memberikan pengajaran tentang internet dan meningkatkan
pangajaran tentang teknologi internt, hal ini dimaksudkan untuk menambah
wawasan pada palajaran sehingga mereka dapat memenfaatkan teknologi yang
canggih dan modern ini dengan sebaik-baiknya.
4. Siswa
juga diharapkan dapat mengontrol waktunya dalam menggunakan internet, karena
jika sudah didepan internet siswa lupa dengan kegitan lainnya. Siswa kelas 8C
SMP Negeri 1 Cluring diharapkan dapat memanfaatkan internet dengan
sebaik-baiknya.
Daftar
Pustaka
Andhika,
2005, Definisi Internet.
Harjati, 2008, Internet bagi pelajar,
halaman 43.
Purwadarminto,
W.J.S, 1987
Internet bagi
Prestasi siswa , halaman 767,
(http://tita7ezer.blogspot.com/)
(http://tita7ezer.blogspot.com/)
Ramhot S, 2003, Definisi Internet.
Sutedjo, Budi, Pengertian Internet
(online),
No comments:
Post a Comment