Entri yang Diunggulkan

Mencetak Generasi Muda Anti Korupsi Melalui Pendidikan Moral di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)

Mencetak Generasi Muda Anti Korupsi Melalui Pendidikan Moral di Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ)           Indonesia merupakan negar...

Tuesday, February 17, 2015

PENGARUH INTERNET TERHADAP PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS VIIIC SMPN 1 CLURING



PENGARUH INTERNET TERHADAP
PENINGKATAN PRESTASI SISWA KELAS VIIIC
SMPN 1 CLURING

https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEi0jiGfEBAA-cuRaXpOezvzKzd16qfGT-o8AYgHjI858nWuCTgCDTxiDBJ-mbnJ2GmPe8va3By-PKq54EacMG5hmwXvUBCskXFWE3_-a3KzUOB9SvVfiGT3ej613wTUiLLWDd7hnlKf4Fki/s1600/logo.bmp

Oleh:
1.    Agustin Madyaning R         (13941/8F)
2.    Hendra Kuswantoro (14044/8E)
3.    Royan Adi Ikhsan                (14146/8C)
4.    Tantri Sania                          (14163/8F)





SMPN 1 CLURING
JALAN JENDRAL BASUKI RAHMAT NO. 56 CLURING BANYUWANGI
2014



KATA PENGANTAR

            Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT, yang telah memberikan rahmad dan hidayahnya kepada kami sehingga kami dapat menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini dengan judul “Bagaimana pengaruh wisatawan terhadap keberadaan Candi Perambanan”.
            Penelitian Karya Tulis Ilmiah ini tidak lepas dari bantuan dan dukungan dari berbagai pihak. Oleh karena itu, kami ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terciptanya Karya Tulis llmiah ini.
            Sebagai manusia biasa, kami telah berusaha semaksimal mungkin untuk menyelesaikan Karya Tulis Ilmiah ini. Apabila ada kesalahan dalam penulisan kata-kata kami mohon maaf yang sebesar-besarnya. Kami berharap Karya Tulis Ilmiah ini bisa memberikan manfaat kepada para pembaca.



 
Cluring, 
7 Desember 2
014       
Tim Peneliti






DAFTAR ISI

Halaman Judul....................................................................................................       i
Kata Pengantar....................................................................................................      ii
Daftar Isi.............................................................................................................     iii
BAB I. PENDAHULUAN ..............................................................................      1
1.1    Latar Belakang ..................................................................................      1
1.2    Rumusan Masalah ..............................................................................      1
1.3    Tujuan Penelitian................................................................................      1
1.4    Manfaat Penelitian .............................................................................      2
BAB II. TELAAH PUSTAKA........................................................................      3
BAB III. METODE PENELITIAN................................................................      5
3.1    Rencana Penelitian.............................................................................      5
3.2    Populasi..............................................................................................      5
3.3    Instrumen............................................................................................      5
3.4    Alasan Penggunaan Instrumen...........................................................      5
3.5    Pengolahan Data.................................................................................      5
BAB IV. HASIL PENELITIAN.....................................................................      6
4.1    Deskripsi Data....................................................................................      6
4.2    Analisis Data......................................................................................      8
BAB V. PENUTUP..........................................................................................      9
5.1    Kesimpulan.........................................................................................      9
5.2    Saran...................................................................................................    10
DAFTAR PUSTAKA

BAB 1
PENDAHULUAN
1.1           Latar Belakang
Pada zaman sekarang ini internet berperan sangat penting pada era globalisasi. Internet bagaikan perpustakaan dunia yang bisa kita akses dengan mudah. Dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa bisa mengakses internet. Didalam internet terdapat berbagai informasi yang dapat kita ketahui. Sehingga menjadikan siswa pintar.
Kenyataanya, siswa menggunakan internet untuk hal-hal yang tidak berguna pada pelajaran contohnya : facebookan, twitteran, dan bermain game online sehingga menyebabkan siswa selalu tergantung pada internet. Siswa juga tidak dapat membagi waktu luangnya dengan baik.
1.2           Rumusan Masalah
Menurut Budi Sutedjo, internet merupakan sebuah jaringan computer yang sangat besar, dan terdiri dari jaringan-jaringan kecil yang saling berhubungan yang menjangkau sampai seluruh dunia. Apa pengaruh internet terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring ?
1.3           Tujuan
Di wilayah Banyuwangi ini setiap daerah di pasang WI-FI oleh Bupati Banyuwangi. Oleh karena itu, kita dapat mengakses internet di sekolah, transportasi umum, maupun warung-warung. Melalui Karya Tulis Ilmiah ini kami ingin mengetahui, apa pengaruh internet terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring ?
1.4           Manfaat
Pada zaman yang maju ini engakses internet bisa dilakukan dari kalangan anak-anak hingga orang dewasa. Melalui Karya Tulis Ilmiah ini kami berharap pada para siswa untu memahami  internet sangat berpengaruh terhadap peningkatan prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring ?
















BAB II
TELAAH PUSTAKA
Pendidikan merupakan faktor utama dalam membentuk baik buruknya pribadi manusia secara normatif. Pendidikan yang diperoleh siswa tidak hanya di sekolah akan tetapi semua faktor bisa dijadikan sumber pendidikan. Terutama lingkungan yang berperan atau berpengaruh tehadap keberhasilan prestasi siswa. Pendidikan juga mempunyai peran yang sangat penting dalam mengembangkan sumber daya manusia berkualitas yang mestinya akan berguna bagi diri sendiri, masyarakat, bangsa, dan negara (Budi Sutedjo).
Menurut, Budi Sutedjo (http://eprints.uny.ac.id/8853/1/JURNAL%20 SKRIPSI.pdf) internet berasal dari kata “International Network” yang merupakan sebuah jaringan komputer yang sangat besar  yang terdiri dari jaringan-jaringan kecil yang saling berhubungan yang menjangkau seluruh dunia.  Internet adalah kependekan dari  inter-network. Secara harfiah mengandung pengertian sebagai jaringan komputer yang menghubungkan beberapa  rangkaian. Sedangkan menurut,  Andhika jaringan internet juga didefinisikan sebagai jaringan komputer yang mampu menghubungkan komputer di seluruh dunia sehingga berbagai jenis dan bentuk informasi dapat dikomunikasikan antar belahan dunia secara instan dan global.Internet juga dapat diartikan sebagai jaringan komputer yang luas dan besar yang mendunia, yaitu menghubungkan pemakai komputer dari satu negara
kenegara lain di seluruh dunia di mana di dalamnya terdapat berbagai
sumber daya informasi dari mulai yang statis hingga yang dinamis dan
interaktif. Tidak dipungkiri adanya pengaruh internet terhadap prestasi belajar siswa. Ada pengaruh positif dan ada pengaruh negatif. Seperti dua sisi mata uang, tergantung bagaimana kita menyikapinya (2005).
Menurut W.J.S Purwadarminto 1987 : 767 (dihttp://tita7ezer.blogspot.com/)  menyatakan bahwa prestasi belajar adalah hasil yang dicapai sebaik-baiknya yang dikerjakan atau dilakukan. Menurut Harjati ( 2008: 43 ), menyatakan bahwa prestasi merupakan hasil usaha yang dilakukan dam menghasilkan perubahan yang dinyatakan dalam bentuk simbol untuk menunjukkan kemampuan pencapaian dalam hasil kerja dalam waktu tertentu. Dari pengertian di atas dapat diambil kesimpulan bahwa prestasi belajar adalah hasil dari suatu kegiatan seseorang atau kelompok yang telah dikerjakan, diciptakan dan menyenagkan hati yang diperoleh dengan bekerja.












BAB III
METODE PENELITIAN

3.1                Rencana Penelitian
                    Waktu             : 2 Maret - 16 April 2014
                        Tempat            : Ruang kelas, Ruang BK, Rumah siswa

3.2                Populasi
Yang terlibat dalam penelitian ini hanya 3 siswa, 1 guru BK, 2 orang tua siswa.

3.3                Instrumen
Instrumen yang kami gunakan untuk pengaruh internet terhadap prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring kami menggunkan wawancara.

3.4                Alasan Penggunaan Instrumen
Kami menggunakan instrumen ini menurut kami wawancara hanya membutuhkan pendapat orang-orang sekitar, jadi cukup mudah menggunakan wawancara.
3.5                Pengolahan  Data
Data-data yang kami peroleh dari wawncara kami kelompokan, kami analisis dan kami informasikan dari BAB IV.




BAB IV
HASIL PENELITIAN
4.1             Deskripsi Data
Dari wawancara yang kami lakukan di kelas VIII C, tanggal 2 April 2014 dengan Dinda Vieri Kurniawan kelas VIII C mengatakan bahwa pengaruh internet terhadap prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring dapat meningkatkan prestasinya tergantung kepada penggunanya. Dia juga mengatakan manfaat internet  dapat memberi wawasan baru, mencari informasi lebih cepat,dan saat mengerjakan tugas lebih cepat. Namun juga banyak siswa SMP Negeri 1 Cluring yang menyalahgunakan internet dengan cara bermain game, melihat film, dan membrosing di youtube. Dia juga mengatakan bahwa siswa agar tidak terjerumus ke dampak internet siswa harus mengendalikan hawa nafsu dengan hal-hal yang diinginkan saat membrosing internet.
Dari wawancara yang kami lakukan di kelas VIII F, tanggal 16 April 2014 dengan Falenti kelas VIII F SMP Negeri 1 Cluring, mengatakan bahwa pengaruh internet terhadap prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring dapat meningkatkan prestasinya kalau internet tersebut dapat digunakan dengan sebaik-baiknya. Dia juga mengatakan bahwa internet mempunyai manfaat yang sangat banyak. Tetapi juga mempunyai banyak dampak negatif yang dapat merugikan siswa tersebut. Hal itu dapat dilakukan antara lain menggunakan internet dengan sebaik mungkin, pengawasan orang tua, tidak terpengaruh pada dampak negatifnya.
Dari wawancara yang kami lakukan di kelas VIII C, pada tanggal 25 April 2014 dengan Viko Efrian Julian Tino kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring mengatakan bahwa pengaruh internet terhadap prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring dapat meningkatkan prestasi siswa itu sendiri. Dia juga mengatakan bahwa internet mempunyai banyak manfaat antara lain menambah pengetahuan , wawasan, dan daya pikir kita menjadi luas. Tetapi juga terdapat dampak negatifnya yang didigunakkan siswa seperti melihat apa-apa yang tidak boleh kita lihat, hal tersebut juga dapat dicegah dengan cara mendapatkan ijin orang tua atau guru saat menggunakan internet.
Sedangkan pendapat dari orang tua sebgai berikut,Berdasarkan wawancara yang kami lakukan di rumah, tanggal 2 April 2014 dengan Ibu Nanik Mujayanti sebagai orang tua siswa  mengatakan bahwa dengan adanya internet maka siswa akan memperoleh banyak manfaat antara lain : bisa menambah wawasan dan informasi,bisa memperdalam ilmu yang di dapat dari sekolah dengan cara mencari referensi-referensi yang ada di internet. Beliau juga mengatakan bahwa prestasi siswa kelas VIII C SMP Negeri 1 Cluring dapat meningkat asalkan mempergunakan internet dengan sebaik-baiknya dan juga mengisi waktu luangnya dengan belajar.
Berdasarkan wawancara yang kami lakukan di ruang BK, tanggal 14 mei 2014 dengan ibu Pujiwati Dwi Utami sebagai guru BK mengatakan bahwa dengan adanya internet maka siswa akan memperoleh manfaat misalnya : memudahkan mencari tugas yang ditugaskan oleh bapak/ibu guru dan mengetahui perkembangan teknologi. Beliau juga mengatakan jika anak tersebut tidak bisa memanfaatkan internet dengan baik, anak-anak tersebut akan terjerumus ke hal-hal yang buruk dari internet dan internet jika digunakan dengan sebaik-baiknya bisa juga prestasi siswa SMP Negeri 1 Cluring kelas VIII C akan meningkat. Siswa agar tidak ke jerumus ke dampak negatifnya internet agar diberi nasehat tentang dampak positif dan negatifnya internet.
Berdasarkan wawancara yang kami lakukan di rumah, tanggal 2 April 2014 dengan Bapak Suroso sebagai orang tua siswa  mengatakan bahwa dengan adanya internet siswa dapat dengan mudah mengakses berbagai ilmu pengetahuan yang berkaitan dengan pelajaran. Dengan adanya internet siswa dapat memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya. Orang tua juga sebaiknya perlu mengerti internet supaya bisa mengawasi para siswa dalam membrosing di internet.
4.2    Analisis Data
       Berdasarkan data yang kami kumpulkan siswa mengatakan bahwa internet mempunyai segudang manfaat. Juga mereka mengatakan bahwa internet bisa membantu mereka saat mengerjakan tugasnya dengan baik dan cepat. Namun ada dampak negatifnya seperti bermain game, facebookan, melihat film, dan membrosing youtube. Seumpama tidak ada internet di pastikan para siswa mengalami gagap teknologi. Internet bisa meningkatkan prestasi siwa SMP Negeri 1 Cluring kelas VIII C asalkan para siswa menggunakan internet dengan sebaik mungkin dan membrosing internet sesuai dengan pelajaran.Orang tua juga mengatakan hal-hal positif atau manfaat internet terhadap pestasi siswa.



















BAB V
PENUTUP
 5.1 Kesimpulan
          Berdasarkan data yang kami peroleh maka dapat ditarik kesimpulan :
1.      Internet yaitu sebagai sebuah jaringan computer yang saling menghubungkan dari seluruh komputer-komputer yang ada didunia dimana jaringan tersebut terdapat informasi-informasi penting yang bisa kita ambil.
2.      Teknologi internet pada masa sekarang ini ternyata sudah menjadi suatu kebutuhan, yaitu sebagai media pencarian informasi-informasi yang sangat canggih, cepat, dan modern. Internet sangat berpengaruh terhadap siswa karena dengan internet siswa dapat mencari informasi dengan mudah dan cepat. Jadi siswa dapat menghemat waktunya.

3.      Teknologi yang super canggih yaitu internet, membawa dampak yang tidakbisa dibantah, yaitu dampak positif dan dampak negative.
a.       Dampak positif
Para pelajar bisa mendapatkan informasi-informasi yang diinginkan. Seperti ilmu pengetahuan, materi pembelajaran yang dibutuhkan. Dan pelajar juga dapat memanfaatkan teknologi ini untuk berinteraksi dengan teman, guru yang berada jauh dari kita.
b.      Dampak negative
Pelajar harus hati-hati dalam memilih situs yang dikunjunginya. Ternyata selain membawa dampak positif bagi kehidupan sehari-hari, internet jug membawa dampak negatif. Yang harus diwaspadai oleh pelajar adalah situs yang menjebak seperti pornografi, selain itu juga internet mampu membuat para pelajar untuk bermalas-malasan dan juga mematikan kreativitas siswa.
5.1 Saran
          Berdasarkan kesimpulan tersebut ada beberapa saran untuk mengatasi dampak-dampakyang ada, baik positif maupun negative.
1.      Pelajar dalam menggunakan internet sebaiknya, memanfaatkannya dngan sebaik-baiknya. Maksudnya digunakan untuk kegiatan beljar saja kalaupun diperlukan bisa memanfaatkannya pula fasilitas untuk beriteraksi dengan teman maupun guru, seperti e-mail.
2.      Sebaiknya orang  tua bisa juga mmanfaatkan atau mengerti tenteng internet supaya bisa mengawasi anak-anaknya dalam menjelajahi internet.
3.      Pihak sekolah juga dapat memberikan pengajaran tentang internet dan meningkatkan pangajaran tentang teknologi internt, hal ini dimaksudkan untuk menambah wawasan pada palajaran sehingga mereka dapat memenfaatkan teknologi yang canggih dan modern ini dengan sebaik-baiknya.
4.      Siswa juga diharapkan dapat mengontrol waktunya dalam menggunakan internet, karena jika sudah didepan internet siswa lupa dengan kegitan lainnya. Siswa kelas 8C SMP Negeri 1 Cluring diharapkan dapat memanfaatkan internet dengan sebaik-baiknya.




























Daftar Pustaka
Andhika, 2005, Definisi Internet.
Harjati, 2008, Internet bagi pelajar, halaman 43.
Purwadarminto, W.J.S, 1987  Internet bagi Prestasi siswa , halaman 767,
            (http://tita7ezer.blogspot.com/) 
Ramhot S, 2003, Definisi Internet. 
Sutedjo, Budi, Pengertian Internet (online),



No comments:

Post a Comment